Digital Marketing Pemula Strategi dan Cara Memulainya
Anda mau belajar tentang digital marketing tapi bingung memulai dari mana? Nah, berdasarkan pengalaman saya selama magang di betabisnis, saya mencoba memberikan tips untuk anda, silahkan simak secara detail 6 langkah memulai digital marketing pemula.
Berikut adalah Point-Point Digital Marketing :
1. Tau apa yang akan di Jual
Arti dari tau yang apa akan kita jual adalah kita harus mengetahui semua informasi dari produk yang akan kita jual tersebut, seperti harganya, merek, warna, kapasitas, dan spesifikasi dari handphone tersebut. Contoh dari produk yang akan kita jual adalah menjual Akesoris Handphone.Nah pasti sudah banyak yang menjual aksesoris handphone dimana-mana, jadi karena sudah banyak jadi kita harus mempromosikan atau memasarkan Produk atau usaha ini supaya lebih laku lagi.
2. Mengetahui apa itu Digital Marketing
Mengetahui apa itu digital marketing maksudnya adalah kita harus tahu Pengertian Digital Marketing itu apa, informasi dari digital markrting, dan defenisi mengenai digital marketing. Digital Marketing adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.
3. Apa Keuntungan dari Digital Marketing
Keuntungan nya adalah bisa membantu menjadikan bisnis lebih kompetitif, Sebab fleksibel dan selalu mengikuti perkembangan zaman, sehingga eksistensinya lebih terjamin.
4. Strategi Digital Marketing
Strategi adalah rencana yang digunakan oleh perusahaan barang atau jasa secara berkesinambungan untuk memenangkan persaingan pasar secara berkesinambungan.
4.1.SEO
Search Engine Optimization atau SEO adalah upaya mengoptimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian. Dengan mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian, potensi trafik organik Anda pun meningkat.
Dengan melakukan SEO, sebuah website bisa mendapatkan pengunjung tanpa harus berbayar atau menggunakan iklan.
4.2.SMM
SMM merupakan singkatan dari Social Media Marketing dan memiliki pengertian berupa optimasi yang melibatkan marketing melalui social media.
5. Cara Kerja di Digital Marketing
Tujuan cara kerja Digital Marketing adalah bertujuan meningkatkan penjualan. Cara kerjanya adalah dengan
- Mengenali jenis bisnis atau usaha kita masing-masing
- Memahami segmen market
- Memilih media digital marketing
- Membuat ikatan rantai digital
- Mengelolah iklan digital
5.1.Melakukan Riset (Penelitian)
Riset adalah penyelidikan (penelitian) suatu masalah secara bersistem, kritis, dan ilmiah untuk meningkatkan pengetahuan dan pengertian, mendapatkan fakta yang baru, atau melakukan penafsiran yang lebih baik. Biasanya penelitian di lakukan ketika ingin menjual atau mempromosikan produk yang akan dia jual.
5.2.Mengumpulkan Kata Kunci
Disini kita diminta untuk mengumpulkan kata kunci, tidak lain lagi kita harus mengambil atau mencari sendiri kata kunci tersebut dari Google maupun dari media lainnya. Contoh kata kuncinya adalah sebagai berikut.
jual aksesoris handphone, jual aksesoris handphone di medan, jual aksesoris handphone original, jual aksesoris handphone purwokerto, tempat jual aksesoris handphone
tempat jual aksesoris handphone terlengkap di pontianak, mau jual aksesoris handphone, jual aksesoris handphone terdekat, jual aksesoris hp terdekat, jual casing hp terdekat
jual casing hp oppo a9 2020, jual casing hp oppo a3s, jual casing hp oppo neo 7 fullset, jual casing hp oppo a37, jual casing hp oppo a5s
jual casing hp oppo a5 2020, jual casing hp oppo a71, jual casing hp oppo f1s, jual casing hp oppo f11 pro, jual casing hp oppo f7
jual aksesoris game hp terdekat, aksesoris handphone terdekat, aksesoris handphone apa saja, aksesoris handphone murah, aksesoris handphone terbaru
aksesoris handphone surabaya, aksesoris handphone adalah, aksesoris handphone kediri, aksesoris handphone terlaris, aksesoris handphone dekat sini
jual gantungan hp terdekat, jual gantungan hp, jual gantungan hp jogja, jual gantungan hp di malang, jual tali gantungan hp
jual gantungan aksesoris hp, jual gantungan casing hp, tempat jual gantungan hp di motor, jual rak gantungan aksesoris hp
harga aksesoris handphone,jual aksesoris hp terdekat, jual aksesoris hp pekanbaru, jual aksesoris hp, jual aksesoris hp murah
jual aksesoris hp grosiran, jual aksesoris hp grosir, jual aksesoris hp dekat sini, jual aksesoris hp di medan, jual aksesoris hp terlengkap, jual aksesoris hp di karawang
5.3.Disusun menjadi Judul
Disusun menjadi judul maksudnya dari sini setelah mengetahui kata kunci sebaiknya kita susun menjadi judul, contohnya seperti:
- Harga aksesoris handphone
- Jual aksesoris handphone di medan
- Jual aksesoris handphone di kerawang
- Jual casing hp oppo a9 terbaru
- Jual handphone keluaran terbaru
5.4.Mempersiapkan Deskripsi Produk
5.5.Mempersiapkan Gambar/Video
Sebelum mempromosikan produknya, kita harus terlebih dahulu mencari gambar atau membuat video supaya lebih menarik lagi, ini di lakukan agar membuat hati orang banyak tertarik siapa tahu setelah melihat gambar atau videonya mereka jadi lebih tertarik untuk membeli produknya tadi. Sebaiknya juga kita mengedit foto tersebut dan di bagian depannya kita buat Watermark yang berisikan no WA dan keterangan inti dari produk kita.
5.6.Mempersiapkan Kontak
Disini kita menyiapkan kontak atau nomor telepon atau no wa dari produk kita, sebaiknya kita menyiapkan kontaknya hanya satu nomor supaya lebih mudah dan tidak ribet. Dengan adanya kontak konsumen dan calon konsumen pun akan lebih mudah mencari tahu atau menghubungi kita .
5.7.Menyiapkan Hastag
Hastag adalah frasa kata kunci yang dieja tanpa spasi, dengan tanda pagar (#) di depannya. contohnya aadalah #jualaksesorishandphoneterdekat.
6. Apa saja Media-medianya
6.1.Email/ yahoo
Email merupakan sarana dalam mengirim surat yang dilakukan melalui media internet. Media internet yang dimaksud bisa melalui komputer atau handphone yang memiliki akses internet.
6.2.Web 2.0 (Blogspot, WordPress, SiteRubix, Weebly, Googlesites)
Web 2.0 disebut sebagai suatu generasi kedua dari layanan berbasis web dalam dunia komputer yang dijalankan langsung diatas internet sebagai platformnya. Contohnya seperti blogspot WordPress dan sejenisnya.
6.3.Social Media (Facebook, Twitter, Pinterest, Tumblr, Instagram)
Media sosial adalah sebuah media daring yang digunakan satu sama lain yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Contonya seperti Facebook dan sejenis social media lainnya.
6.4.Forum (Forum Detik)
Forum merupakan fasilitas yang tersedia di internet, dan penggunanya dapat berdiskusi. Contoh forum adalah Forum Detik.
6.5.MarketPlace (Shopee, Lazada, TokoPedia, Blibli)
MarketPlace atau Pasar Online adalah jenis situs web e-niaga di mana informasi produk atau layanan disediakan oleh beberapa pihak ketiga. Pasar online adalah jenis utama e-niaga multisaluran dan dapat menjadi cara untuk menyederhanakan proses produksi. Contohnya seperti Shopee, Lazada, TokoPedia dan banyak lagi lainya.
Komentar
Posting Komentar