3 Cara Riset Pasar Online Menggunakan SEO

Anda bingung bagaimana cara Riset kata kunci ? Sebelum Saya Menjelasakan Cara Riset pasar Online Menggunakan Seo Nah, berdasarkan pengalaman magang saya di Betabisnis, disini saya akan mencoba memberikan cara-cara atau sedikit tips untuk kalian yang membutuhkannya. Silahkan pahami berikut cara Riset kata Kuncinya.

3 Cara Riset Pasar Online Menggunakan SEO

Search Intent (Tujuan Pencarian Online)

Search Intent adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan tujuan dari Pencarian Online. Ketika pengguna internet melakukan pencarian secara online, mereka biasanya mencari jawaban, membeli barang atau mencari informasi tertentu. 

Informasi

Informasi merupakan sekumpulan data atau fakta yang telah atau telah di proses serta dikelola sedemikian rupa sehingga hal tersebut menjadi sesuatu yang mudah di mengerti serta juga dapat bermamfaat bagi penerimanya.
Intensi jenis Informasi memiliki pertanyaan spesifik dan biasanya ingin mengetahui tentang suatu topik secara lebih detail. Contohnya, Anda mencari informasi tentang Lightstik Kpop. Google paham bahwa anda sedang mencari Lightstik Kpop bukan cara membuat lightstik kpop, bahkan pencarian tersebut pun di sertai dengan gambar dan video.

Review/Perbandingan

Para pengguna yang memiliki intensi untuk melakukan transaksi biasanya mencari layanan atau produk tertentu di pasaran. Jika belum menemukan solusi yang tepat, biasanya mereka akan mencari informasi berupa ulasan atau perbandingan. Contoh kata kunci  yang digunakan: product review atau testimoni, restoran murah dan enak di Jakarta, atau Lightstik Exo versus Lightstik Bts dan Mobil A versus Mobil B dan banyak lagi lainnya.

3 Cara Riset Pasar Online Menggunakan SEO


Transaksi 

Dalam intensi ini para pencari sudah mantap dengan pilihannyas dan ingin membeli barang. Kebanyakan dari mereka sudah tahu barang apa yang akan dibeli. Mereka mencari tempat tepercaya untuk membeli barang tersebut. Contohnya kata kunci yang di gunakan dalam mencarinya adalah Beli Lightstik Exo atau Harga Lightstik Exo

Navigasi / Merek

Dalam Navigasi biasanya pengguna mencari situs web tertentu dan mereka sudah tahu ke mana arah pencarian. Para pengguna merasa lebih cepat dan mudah mengetik kata kunci di Google dari pada harus mengetik URL di web browser. Contohnya seperti pencarian navigasi adalah Gmail login, Facebook, dan banyak lagi lainnya.

Tools Riset

Riset kata kunci merupakan aktivitas yang wajib dilakukan para pebisnis yang merambah ke dunia digital. Riset keyword menggunakan tool gratis juga tidak jarang dilakukan oleh mereka. Karena terdapat banyak keyword tool gratis yang sudah memadai untuk mendapatkan kata kunci terbaik.

Tanpa terlebih dahulu melakukan riset kata kunci, maka para pengguna internet akan sulit untuk menemukan bisnis atau produk yang Anda tawarkan. Kata kunci juga menjadi target untuk melakukan optimasi web.

Optimasi web adalah upaya untuk membuat website Anda berada di halaman pertama SERP (Searching Engine Result Page). Hanya setelah menentukan kata kunci yang tepat, baru proses optimasi dapat dikerjakan.

Google 

Google adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring. 

Ubersuggest/Keyword Tools

Apasih Pengertian dari Ubersuggest ?
Ubersuggest merupakan salah satu alat pencarian kata kunci populer. Tokoh dibaliknya adalah salah satu orang pemasar terkenal yaitu Neil Patel, jika kita ingin menggunakanya kita hanya tinggal mengakses situsnya. Ubersuggest juga menawarkan akses lewat google chrome Extension.
Extension adalah aplikasi kecil yang biasanya menambahkan atau mengubah fungsi yang ada di Google Chrome.

Google Trends 

Google Trends merupakan grafik statistik pencarian Web yang menampilkan popularitas topik pencarian pada kurun waktu tertentu. Hasil dapat ditampilkan menurut kota, wilayah atau bahasa. Berita-berita terkait topik yang menjadi tren juga ditampilkan di sini.

3 Cara Riset Pasar Online Menggunakan SEO


Google Key Planner 

Google Key Planner merupakan salah satu aplikasi dari google yang membantu para pengiklan google adwords dan pelaku seo untuk meriset yang paling dicari oleh semua pengguna mesin pencari google. Keyword Planner dibuat untuk mempermudah pengguna dalam melakukan aktifitas riset kata kunci dengan mudah. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat, salah satunya adalah bisa mengetahui kata kunci yang paling unggul dan dicari oleh pengguna Google, selain itu bagi pengguna Google Adwords juga bisa menentukan bid / harga yang diberikan untuk satu klik dengan mudah dengan memanfaatkan saran dari Google, selain itu juga bisa memantau kompetitor yang sering menggunaka kata kunci yang serupa.

Cara Mengumpulkan Hasil Riset

Bagaimana sih cara mengumpulkan hasil riset? nah Riset pemasaran merupakan kegiatan penelitian dalam bidang pemasaran. Riset pemasaran harus dilakukan secara sistematis, yakni mulai dari perumusan masalah, perumusan tujuan, pengumpulan data, pengolahan data, hingga interpretasi dari hasil riset pemasaran yang diperoleh. Riset pasar dilakukan sebagai upaya memberi masukan bagi pihak manajemen.
Dengan adanya riset pemasaran, pihak manajemen akan mengetahui hal apa saja yang perlu diperbaiki dan strategi pemasaran apa yang masih sesuai dilakukan untuk merebut peluang. Berikut cara-cara mengumpulkan hasil riset.
  • Merumuskan Masalah
  • Menentukan Desain Riset
  • Merancang Metode Pengumpulan Data
  • Mengambil Sampel & Mengumpulkan Data
  • Melakukan Analisis & Interpretasi Data
  • Menyusun Laporan  hasil Riset

Cara Riset Hastag

Cara riset hashtag maksudnya adalah bagaimana cara kita meneliti hashtag tersebut. Saat ini sudah ada banyak aplikasi atau tool yang dapat membantu Anda melakukan riset. Pada umumnya, hashtag research tool akan memberikan beberapa opsi kata yang bisa Anda gunakan. Beberapa juga menyajikan data mengenai hashtag mana yang populer dan mana yang tidak.
Berikut adalah beberapa aplikasi atau tool yang bisa Anda gunakan untuk melakukan riset hashtag untuk media sosial bisnis Anda.:
  • Tagboard
  • Hastagify 
  • RiteTag

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Magang SMK 2 bulan Pertama di betabisnis

Membuat Twiter dan Cara Mempostingnya

Membuat Flickr